Sunday, July 5, 2015

Tips Sahur Dan Berbuka Saat Berpuasa

Banyak hal yang dapat dikupas selama menunaikan ibadah Puasa. Berikut beberapa tips sahur dan berbuka saat berpuasa yang dapat bermanfaat

beberapa tips sahur dan berbuka saat berpuasa


TIPS SAHUR:
Puasa tidak selalu identik dengan kondisi lemas. Anda bisa tetap bersemangat saat beraktivitas meski tengah menjalankan ibadah puasa. Kuncinya adalah tepat dalam mengkonsumsi makanan pada saat sahur. Mungkin sebagian dari kita malas saat makan sahur, karena biasanya saat jam itu kita terlelap tidur dan lambung tak terbiasa menggunakan enzim pencernaan, oleh karena itu agar sahur sukses dan puasa lancar usahakan hal-hal berikut :

1. Makan Hangat 
Tujuannya tak lain agar makanan mudah dicerna sekaligus merangsang keluarnya enzim pencernaan.
2. Porsi Cukup
Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sahur ini sebagai pengganti sarapan untuk mencukupi kebutuhan energi sepanjang hari. Usahakan gizi seimbang, cukup protein untuk menjaga kadar gula darah selalu dalam kondisi normal. Makan perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit agar lambung terisi dengan baik.
3. Sayur dan Buah
Sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh. Makanan ini juga kaya serat sehingga perut akan terasa kenyang dalam waktu lama. Dianjurkan mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin A, B, C dan E.
4. Susu
Jangan lupa dengan segelas susu sehingga tubuh akan memperoleh asupan gizi yang lengkap untuk aktifitas sepanjang hari.
5. Hindari Kopi atau Teh
Kopi tergolong diuretik yang akan menyebabkan cairan tubuh sering keluar, atau sering buang air kecil, yang dapat menyebabkan tubuh kita dehidrasi, maka dari itu HINDARI meminumnya saat sahur.
6. Solusi dengan Mie Instan
Kalau terlambat bangun dan hanya sempat merebus mie instan, usahakan menambah dengan telur dan sayuran atau daging. Akhiri dengan segelas jus, jika tak sempat mengunyah buah. Serta juga suplemen multivitamin, jika anda cemas makanan yang dikonsumsi kurang bergizi.

TIPS BERBUKA
Saat berbuka puasa adalah saat dimana sebagian orang berfikir untuk balas dendam, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar tubuh anda tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa apalagi saat berbuka :

1. Hangat dan Manis
Berbuka dengan hangat dan manis dalam porsi kecil dulu selalu tak pernah salah. Makanan manis akan segera mengembalikan energi Anda. Hindari minuman dingin apalagi es karena akan menyebabkan perut kembung.
2. Makanan Lengkap Setelah Tarawih
Ini cara terbaik untuk memberi kesempatan kepada saluran cerna setelah lebih dari 12jam. Atau kalau tidak sanggup menahan, makanlah setelah sholat maghrib. Kebiasaan 'balas dendam' saat berbuka dengan mengkonsumsi segala makanan sebaiknya dihindari. Karena hal ini hanya akan menyebabkan kelebihan kalori dan kerja saluran cerna jadi lebih berat.
3. Play Safe
Jika punya keluhan sakit maag, hindari makanan pedas atau asam, juga makanan yang banyak menghasilkan gas seperti kol, sawi, ubi jalar dan lobak. Minuman bersoda sebaiknya juga dihindari.
4. Air Putih
Usai berbuka, perbanyak minum air putih agar tubuh tak kekurangan cairan.  Selain itu kulitpun akan tampak segar.

Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment