Sunday, July 5, 2015

Tips Ketika Menghadapi Cuti Saat Lebaran

Cuti atau Liburan Lebaran kian dekat, bahkan ada yang malah sudah libur. Bagi pekerja agar tenang meninggalkan kantor pada libur lebaran Anda, berikut beberapa tips ketika menghadapi cuti lebaran yang bisa Anda lakukan.

berikut hal-hal yang dipersiapkan saat menghadapi cuti lebaran

Pertama, buat daftar prioritas pekerjaan Anda, rencanakan alokasi waktu untuk menyelesaikan semua yang ada di daftar. Jangan buat alokasi waktu yang terlalu padat hingga tidak realistis. Selalu ingat kemungkinan akan adanya pekerjaan tambahan menjelang hari terakhir sebelum libur.

Kedua, sediakan waktu tambahan. Kendati ada daftar prioritas, bisa jadi semua ujung-ujungnya meminta prioritas. Jika Anda sadar dengan daftar pekerjaan yang masih panjang, jadwalkan tambahan waktu kerja menjelang libur. Mungkin Anda harus melewatkan 1-2 acara buka puasa bersama demi liburan yang tenang. Jika pekerjaan tersebut juga melibatkan rekan kerja lain, jangan lupa berkomunikasi. Koordinasikan dengan rekan kerja terkait tentang rencana Anda ini agar mereka juga bisa menyesuaikan jadwal.

Ketiga, sediakan informasi yang jelas untuk atasan, rekan kerja terkait, dan klien aktif mengetahui rencana cuti Anda. Dengan demikian mereka bisa memperkirakan dan mengatur waktu yang tepat untuk melanjutkan rencana kerjanya dengan Anda. Jika Anda mengambil cuti lebih lama daripada cuti bersama, pastikan mereka mengetahuinya.

Keempat, cantumkan juga informasi siapa yang bisa dihubungi selama Anda berlibur. Jika berencana untuk mematikan perangkat komunikasi Anda, informasikan kalau Anda tak bisa menerima email atau pesan singkat. Walau demikian, tak ada salahnya memberikan informasi kontak darurat apabila ada hal penting yang perlu dibicarakan.

Kelima, perhatikan keamanan tempat kerja Anda. Pastikan benda-benda berharga Anda berada dalam laci terkunci. Jika merasa tidak yakin dengan keamanan kantor, sebaiknya bawa pulang benda-benda berharga Anda dan simpan baik-baik di rumah. Lebih baik melakukan tindakan pencegahan daripada menyesal belakangan.

Demikian, tips yang bisa Anda lakukan, hal tersebut di atas bertujuan agar liburan lebaran Anda lebih tenang dan tidak terganggu dengan urusan kantor.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment